Seminar Nasional: Guru Pun Bisa Manfaatkan Media FB

Kamis, 10 Maret 2016 - 22:05 WIB
Diposting oleh: Administrator

Demam facebook (FB) ternyata bisa dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Yakni, menjadi sarana komunikasi antara guru dan siswa di luar kelas, sehingga pembelajaran tidak berjalan monoton. Hal ini terungkap pada seminar nasional bertajuk Teknologi Pembelajaran Terkini di aula MAN Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Hal ini terungkap pada seminar nasional bertajuk Teknologi Pembelajaran Terkini di aula MAN Mojosari Kabupaten Mojokerto. 'FB yang saat ini digandrungi masyarakat bisa untuk media belajar siswa,' kata Dr Syaad Padmanthara MPd, konsultan Pustekkom Depdiknas yang memberikan materi; Perkembangan Pembelajaran Terkini.

Ia menyebut, salah satu caranya, guru bisa memberikan catatan pada statusnya terkait pelajaran yang akan disampaikan. Catatan ini bisa mengadopsi matapelajaran atau merupakan ringkasan yang ingin disampaikan guru. 'Bahkan, guru yang tidak bisa masuk karena suatu hal bisa menyampaikan melalui status FB-nya,' kata dosen Universitas Negeri Malang ini.

Sementara itu, pembicara yang lain yakni Pitoyo Widhi Atmoko pemateri; Blended Learning with ICT (Informasi communication and technology) lebih banyak mengupas langsung pembelajaran terkini melalui perangkat ICT. Ia pun langsung aplikatif dengan memberikan materi yang mengajak para guru untuk berinteraksi. 'Hayo, siapa guru yang di sini sudah bisa power point?' tanya Widhi yang langsung disahut dengan acungan tangan para peserta.

Tampaknya para peserta dengan antusias mengikuti acara yang merupakan kerja bareng antara MAN Mojosari, Lembaga e-Education Research and Training Center (Edu Media Nusantara) dan Radar Mojokerto. Peserta semakin antusias ketika pihak panitia yang didukung sponsor memberikan door prize berupa handphone pada penghujung acara.

Acara yang berlangsung sejak pukul 08.00 ini dibuka langsung oleh Kepala MAN Mojosari Dr Hanifah MM. Rencananya, kegiatan ini akan dilanjutkan pada masa-masa mendatang.
Radar Mojokerto [ Minggu, 17 Mei 2009 ]