Jelang UN, Siswa Jangan Dibuat Tegang

Jumat, 01 April 2016 - 20:47 WIB
Diposting oleh: Administrator

Rabu, 30 Maret 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berharap para orang tua siswa jangan membuat suasana yang menegangkan menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016.

"Jangan buat suasana menegangkan untuk anak-anak, biasa saja sampaikan kepada anak-anak bahwa ini ujian normal," kata Anies di sela-sela acara "Kelas Inspirasi Sineas" (KIS) sebagai rangkaian peringatan Hari Film Nasional (HFN) di SMK Negeri 57, Jakarta, Selasa (29/3).

Menurut Anies, setiap orang pasti menjalani ujian hidupnya masing-masing, misalnya, ada ujian hidup yang diselenggarakan bersamaan, tapi ada pula ujian hidup yang dijalani sendiri-sendiri karena itu semua adalah perjalanan yang normal.

"Jadi, buat orang tua jangan buat suasana yang menegangkan, buat anak-anak juga jalani ini dengan tenang dan buat penyelenggara jaga integritas," ucap Anies.

Ia juga mengatakan bahwa ujian harus dijalani dengan kejujuran dan ujian dipakai untuk mengetahui sampai sejauh mana pencapaian yang didapat. "Jadi, itulah tujuan kita berkaca karena tujuan ujian salah satunya untuk berkaca di mana letak kekurangan dan kelebihan kita," ujarnya.

Ujian Nasional 2016 sendiri akan berlangsung pada 4-6 April untuk SMA/MA, sedangkan SMK pada 4-7 April.

Sumber : Antara