Layanan Edu Media

PELATIHAN

PELATIHAN Pengembangan SDM sebagai percepatan optimalisasi TIK dalam pembelajaran:

Pelatihan/Workshop tentang pemanfaatan ICT/e-learning, multimedia, khususnya dalam mengoptimalkan proses pembelajaran. Tujuannya adalah membuat guru/instruktur bisa membuat bahan ajar berbasis multimedia atau perangkat lunak lain yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Memberikan pelatihan untuk membuat modul multimedia pembelajaran, sesuai dengan bidangnya untuk meningkatkan performa dan metode mengajar guru sekaligus mendorong melaksanakan pembelajaran bermutu. Bahan ajar bisa berupa cd atau website.

1.      Kompetensi Guru/Dosen

  1. Paket Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia level Dasar
  2. Paket Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia level Menengah
  3. Paket Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia level Lanjut
  4. Paket Pelatihan Pengembangan E-Learning Sekolah
  5. Paket Pelatihan Berbasis ICT lain sesuai kebutuhan pengguna
  6. Program Pelatihan Spesifik Produk
  • Pelatihan Pembuatan Storyboard Bahan Ajar Multimedia
  • Pelatihan Pembuatan VCD/DVD Pembelajaran
  • Pelatihan Pembuatan Media Belajar Mandiri
  • Pelatihan Pembuatan Animasi Pembelajaran
  • Pelatihan Pembuatan Media Ajar berbasis Web
  • Pelatihan Pembuatan Mobile Book
  • Pelatihan Pembuatan Evaluasi On-line
  • Pelatihan Pembuatan E-Book, dan AudioBook

2.      Kompetensi Tenaga Kependidikan Non Guru

  1. Paket Pelatihan Pengenalan & Optimalisasi Perangkat TIK Penunjang Proses Belajar Mengajar
  2. Paket Pelatihan Aplikasi Administrasi & Manajemen berbasis ICT
  3. Paket Pelatihan Aplikasi Pengelolaan Konten Pembelajaran

3.      Siswa terkait ICT

  1. Paket Pelatihan Pengenalan & Optimalisasi Perangkat ICT Penunjang Proses Belajar Mengajar

MEDIA PUBLIKASI

1. Web Site

Edu Media Web Service adalah jasa pembuatan website dan pemeliharaannya (maintenance) yang sesuai strategi bisnis, target market , dan corporate image. Dengan spesialisasi meliputi :

a. Web instansi sekolah/universitas/lembaga pendidikan 

web dengan desain dengan fitur lembaga pendidikan untuk tujuan publikasi informasi ataupun komunikasi inter dan antar instansi secara global. Sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi tentang aktifitas, karya cipta, prestasi lembaga pendidikan secara online. Bermanfaat untuk mengenalkan sekolah secara lebih rinci dan profesional melalui internet, bertujuan memberikan pengetahuan/informasi te ntang sekolah, mulai dari profil, guru dan staff, siswa, kegiatan ekstra kurikuler sekolah, dan fitur halaman guru dan siswa untuk proses pembelajaran online.

b. Website instansi bisnis
web dengan desain dengan fitur instansi bisnis untuk tujuan pemasaran maupun digunakan untuk transaksi / informasi / komunikasi bisnis yang dapat diakses secara global. Dengan fitur ini perusahaan dapat memberikan informasi produk, harga dan transaksi secara online. 
Main menu terdiri dari : Company profile, product dan service, news/highlight, portofolio/case studies/ whitepaper/Testimonials, Clients,
Secondary menu, terdiri dari : link, search, site maps, contact us, download area.

c. Website organisasi 
website khusus company/organisasi dengan tujuan publikasi informasi ataupun komunikasi inter dan antar instansi secara global. Website dengan fitur untuk menyampaikan visi, misi dan akfitas organisasi maupun prestasi agar dapat diakses secara online.

d. Website perorangan /profesi 
Website dengan desain perorangan diperuntukkan untuk publikasi keahlian, karya cipta, ataupun konsultasi dari berbagai profesi yang digeluti

2. Company Profile (Videografi & Interaktif)

Aplikasi ini bermanfaat untuk mengenalkan tentang manajemen, sistem dan situasi pada sebuah institusi pendidikan kepada khalayak umum melalui teknologi multimedia. Keuntungan yang diperoleh: muatan isi lebih banyak, lengkap, berisi berbagai macam tipe informasi: teks, gambar/foto, suara/musik, video, memudahkan institusi dalam pengembangan promo sekolah. Produk berupa cd multimedia interaktif dan Video CD.

a. Profil Instansi Pendidikan
Aplikasi ini bermanfaat untuk mengenalkan sekolah secara lebih rinci dan profesional melalui media digital, bertujuan memberikan pengetahuan/informasi tentang sekolah, mulai dari profil, guru dan staff, siswa, kegiatan ekstra kurikuler sekolah, dan fitur halaman guru dan siswa yang ditampilkan dalam bentuk multimedia.

b. Profil Instansi Bisnis
Aplikasi berupa media publikasi digital perusahaan untuk kepentingan promo atau documentary khususnya pengenalan produk-produk perusahaan yang dipasarkan demi kepentingan user secara luas, lengkap dan profesional. Termasuk didalamnya : profil, suasana kerja, contoh produk, penawaran produk, harga, jalur distribusi dan pengiriman (atau sesuai dengan keinginan perusahaan) yang ditampilkan dalam bentuk multimedia.

c. Profil Perorangan/Profesi 
Profil dengan desain perorangan diperuntukkan untuk publikasi keahlian, karya cipta, atupun konsultasi dari berbagai profesi yang digeluti. Profil ini dapat digunakan untuk memperkenalkan diri dalam forum, souvenir pisah kenang, atau promosi bidang keahlian.

PERANGKAT & BAHAN AJAR

Adalah peralatan dan bahan yang digunakan sebagai sarana proses belajar mengajar berbasis teknologi informasi dan multimedia. Produk tersebut meliputi :

1. CD Multimedia Interaktif

Adalah kompilasi materi / bahan ajar dalam bentuk cd interaktif (berisi teks, gambar/foto, animasi, musik/audio/narasi, video, daftar isi berupa link ke bahasan yang diinginkan). Media ajar ini dikemas dalam bentuk CD yang hanya dapat dijalankan di komputer atau laptop. Selain CD multimedia interaktif terdapat juga VCD Pembelajaran (Materi Belajar siswa SD, SMP, SMU, SMK/STM dan sederajat)

2. E-Book / Buku Digital

Adalah kompilasi materi / bahan ajar dalam bentuk digital (bisa dilengkapi dengan foto, animasi, musik/narasi, searching, daftar isi berupa link ke bahasan yang diinginkan, dan pencetakan). Sangat bermanfaat untuk meningkatkan minat belajar siswa, dan meningkatkan mutu pembelajaran. Content e-book bisa berasal dari pengajar/instruktur dari institusi yang bersangkutan.

3. Mobile Application

Adalah kompilasi materi / bahan ajar yang dikemas dalam bentuk aplikasi untuk ponsel pintar, seperti ponsel yang menggunakan sistem operasi Android. Mobile Application ini, merupakan salah satu media belajar yang praktis karena smartphone merupakan satu perangkat yang pasti dimiliki oleh siswa atau guru.

APLIKASI

1.   APLIKASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK KAMPUS (SIA KAMPUS )

Pada era informasi sekarang ini,  perkembangan institusi pendidikan berpijak pada kemampuan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan kemampuan mengakses serta menyajikan informasi. Sehingga dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, sudah saatnya Kampus memiliki Sistem Informasi yang dapat membantu Kampus dalam mengelola kegiatan belajar mengajar dengan efektif dan efisien.

Berangkat dari hal tersebut di atas, kami dari PT. Edu Media Nusantara menawarkan solusi mewujudkan sistem informasi Kampus tersebut. Dengan memiliki Sistem Informasi Akademik ini, maka Kampus dapat menyajikan berbagai macam informasi sesuai kebutuhan karena sistem ini berbasis web yang menggunakan teknologi internet atau intranet.

Konsep Dasar SIA

Dari SIA, Kampus dapat mengevaluasi, merumuskan, menilai, merancang strategi-strategi pengembangan akademik Mahasiswa ke arah yang lebih baik. Alur Sistem Informasi Akademik Kampus adalah:

Hasil kegiatan belajar mengajar dapat diinputkan oleh setiap dosen/operator ke  dalam sistem yang masuk dalam database server sehingga dapat dipantau setiap saat. Administrator diberikan hak penuh untuk mengelola lebih lanjut sampai pada tahap pelaporan sesuai dengan kebutuhan institusi. Pengembangan konsep berbasis web menjadikan warga Kampus dapat mengakses melalui media internet

MANFAAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK KAMPUS

Manfaat bagi Kampus

  1. Memudah proses pengelolaan data akademik dan non akademik
  2. Memberikan laporan perkembangan mahasiswa dalam proses belajar mengajar
  3. Memberikan laporan perkembangan guru/pengajar dalam kegiatan belajar mengajar.
  4. Sebagai panduan dalam menyusun kebijakan Kampus
  5. Sebagai sarana komunikasi atau media penghubung antara warga Kampus, orang tua mahasiswa,  dan   masyarakat,  kapanpun dimanapun tanpa kendala waktu dan tempat.
  6. Media mempromosikan potensi Kampus
  7. Sarana penyebaran pengetahuan secara luas

 Manfaat bagi Orang Tua Mahasiswa

  1.     Mempermudah orang tua dalam memantau perkembangan anak di Kampus.

Manfaat bagi Mahasiswa

  1. Membantu Mahasiswa melihat perkembangan dalam kegiatan akademik dan non akademik.
  2. Membantu Mahasiswa mencari database bahan pelajaran, soal latihan dan tugas Kampus dari seluruh mata kuliah di Kampus.

PT. Edu Media Nusantara Menyediakan Sistem Informasi Akademik Kampus Berbasis Online mendukung pembuatan laporan EPSBED secara otomatis. 

Pengertian EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) adalah format laporan wajib dari DIKTI berdasarkan SK-034 yang mengharuskan seluruh Perguruan Tinggi memberikan laporan pada setiap semester.

PT. Edu Media Nusantara Pengembang Sistem Informasi Akademik Kampus Berbasis  Online yang berkomitmen mengembangkan Sistem Informasi Akademik Kampus secara berlanjut, dan selalu menyesuaikan dengan sistem pelaporan yang telah ditetapkan oleh DIKTI.

2. Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Sekolah (SIMAS)

SIMAS adalah software pengembangan akademik sekolah melalui pembuatan alur sistem informasi Akademik Sekolah berbasis web / menggunakan teknologi internet. Dengan SIMAS sekolah dapat mengevaluasi, merumuskan, menilai, merancang strategi-strategi pengembangan akademik kearah yang lebih baik. Manfaat SIMAS antara lain:

  • Memudahkan proses pengelolaan data akademik
  • Memberikan laporan perkembangan siswa dalam proses belajar mengajar dan memudahkan orang tua dalam memantau perkembangan anak disekolah
  • Sebagai panduan dalam menyusun kebijakan sekolah
  • Sebagai sarana komunikasi atau media penghubung antara sekolah, orang tua, dan masyarakat
  • Media promosi potensi sekolah
  • Membantu siswa mencari database bahan pelajaran, soal latihan dan tugas sekolah

Fitur data yang tercatat dalam program ini antara lain ;

  • Informasi umum sekolah (profil, kalender akademik dll)
  • Data Induk (mata pelajaran, data karyawan, data siswa dll)
  • Data kegiatan Belajar Mengajar (Jadwal, presensi, Personal monitor/pelanggaran siswa)
  • Pengaturan Sistem (manajemen database)

3. Aplikasi Perpustakaan

Adalah program aplikasi sistem akuntansi untuk mengelola koperasi sekolah. Program ini dilengkapi dengan fitur entry data, processing data, dan report guna memudahkan pengelola koperasi untuk menjalankan layanan pada koperasi yang bersangkutan.

 

LABORATORIUM

1. LABORATORIUM BAHASA

Dalam era globalisai saat ini, bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya merupakan alat komunikasi sehari-hari dalam dunia kerja. Dalam upaya mengembangkan kemampuan dalam bidang penguasaan ilmu pengetahuan dan juga demi terlaksananya prestasi belajar yang optimal serta meningkatkan wawasan dan penguasaan berbagai macam bahasa asing di sekolah, maka diperlukan pengadaan Laboratorium Bahasa yang modern, canggih, inovatif, dan berfungsi sebagai piranti multi media.

Laboratorium Bahasa “PT. Edu Media Nusantara” telah didukung dengan sistem komputer (computerized system) yang mempunyai banyak kelebihan bila dibandingkan dengan Laboratorium Bahasa yang masih menggunakan sistem manual ataupun digital. Diantaranya :

  1. Dual Controller (2 fungsi kendali) yaitu: Bisa mengunakan kendali komputer dan kendali manual (fiture terbatas).
  2. Dapat merekam siaran parabola untuk dijadikan bahan pelajaran tambahan dan dapat disimpan kedalam hard disk
  3. Program evaluator kuis (Scoring system) dapat digunakan sebagai media untuk menjalankan program ujian multiple choice tanpa menggunakan media kertas dan hasil dari ujian dapat langsung diketahui setelah ujian selesai.
  4. Dapat langsung dihubungkan dengan perangkat LCD proyektor.
  5. Mudah untuk menambah jumlah siswa apabila sewaktu-waktu diup-grade karena master control dalam bentuk software.
  6. Mampu mengubah teks bahasa inggris ke dalam bentuk suara (MP3) dengan bantuan software yang sudah tersedia.
  7. Mampu merekam kaset tape menjadi bentuk file mp3 sehingga bahan pengajaran menjadi lebih ringkas dan praktis.
  8. Dengan penambahan fasilitas keyboard interaktif pada meja siswa maka laboratorium bahasa ini dapat digunakan untuk pelajaran menulis (writing)

 

TIPE-TIPE / MODEL

A.    TIPE / MODEL KONVENSIONAL (TOUCH SYSTEM )
B.    TIPE / MODEL DIGITAL (SOFT TOUCH DIGITAL SYSTEM )
C.    TIPE / MODEL COMPUTERIZED SYSTEM (SOFTWARE MASTER)

 

DESKRIPSI PROGRAM

A.    SCORING SYSTEM ( EVALUATOR KUIS OTOMATIS )

1.      Realtime Result
Hasil dari test dapat langsung diketahui oleh guru dan semua siswa karena secara otomatis software akan mengoreksi hasil jawaban siswa untuk dicocokan dengan kunci jawaban dan nilai tiap siswa akan langsung bisa diketahui saat itu juga.

2.      Cross chek
Fungsi untuk melihat kembali jawaban yang telah dimasukan oleh siswa untuk dibandingkan dengan kunci jawaban

3.      Time limit
Guru dapat mengatur waktu yang digunakan untuk menjawab setiap soal dengan durasi yang berbeda pada tiap soalnya sesuai dengan bobot soal yang diujikan

4.      User Friendly ( Penggunaan Program yang Mudah ) 
Untuk membuat soal pengajar bisa membuatnya dengan program microsoft word dan proses pembuatannya tersebut bisa dilakukan dikomputer manapun jadi ketika masuk kelas soal tersebut tinggal dimasukan kedalam software kuis.
 
5.      All Lesson
Bukan hanya mata pelajaran bahasa saja yang bisa menggunakan fasilitas ini sehingga semua mata pelajaran apapun bisa menggunakan fasilitas ini karena software ini support untuk materi yang berbentuk gambar dan rumus seperti Biologi, Kimia, Fisika dan lain-lain
 
6.      Online Result ( Optional )
Dengan bantuan software tambahan maka hasil ujian dapat langsung dikirimkan ke orang tua siswa sehingga orang tua siswa bisa mengetahui perkembangan anaknya secara langsung.
 
7.      Bank Soal
Dilengkapi dengan kumpulan soal-soal mata pelajaran umum yang bisa dipakai sebagai materi ujian.
 
8.      Papperless
Untuk memasukan jawaban siswa hanya tinggal menekan tombol pilihan ganda ( A, B, C, D dan E ) yang dipasang pada setiap bangku siswa sehingga media untuk menjawab soal tanpa menggunakan kertas.


B.       STUDENT WRITING ( STUDENT KEYBOARD INTERKTIF )

1.      Lock / Unlock Keyboard
Guru mampu mengendalikan fungsi keyboard sehingga hanya ketika diijinkan oleh guru saja siswa bisa menggunakan fasilitas keyboard ini

2.      Interaktif
Dengan fasilitas keyboard disetiap siswa maka siswa mampu menjalankan media pembelajaran interkatif yang ditampilkan oleh pengajar sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan menarik.

     

2. LABORATORIUM MICROTEACHING BERBASIS MULTIMEDIA

Pada era informasi sekarang ini,  perkembangan institusi pendidikan berpijak pada kemampuan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan kemampuan mengakses serta menyajikan informasi. Sehingga dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran, sudah saatnya sekolah memiliki Laboratorium Microteaching Berbasis Multimedia yang dapat berfungsi sebagai studio mini produksi bahan ajar multimedia.

Berangkat dari hal tersebut di atas, kami dari Edu-Media Nusantara menawarkan solusi mewujudkan laboratorium yang berfungsi sebagai ruang uji kemampuan penerapan teori dan evaluasi praktek mengajar mandiri. Dengan kata lain Micro Teaching difungsikan untuk melatih skill individual dosen/mahasiswa dalam memberikan materi didalam kelas. Ditunjang konsep berbasis multimedia, memungkinkan praktikan dapat memanfaatkan media ajar modern dalam penyampaian materi dikelas. Hasil utama dari laboratorium ini berupa VCD/DVD pembelajaran yang nantinya digunakan sebagai dasar pengembangan Produksi Bahan Ajar Multimedia.

Konsep tersebut sangat sejalan dengan program pengembangan Departemen Pendidikan Nasional mengenai pemanfaatan ICT dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat terjadi karena karakteristik teknologi multimedia yang mampu mengolah data teks, gambar, gambar bergerak (video dan animasi), serta suara kedalam suatu kemasan aplikasi, sehingga suatu topik mata pelajaran dapat disampaikan secara komprehensif (tidak terpotong-potong) menggunakan aplikasi multimedia ini. 

Menggunakan aplikasi ini, belajar menjadi lebih menyenangkan, materi menjadi lebih mudah dipahami, memungkinkan pembelajaran secara mandiri; dan kesemuanya itu, muaranya adalah peningkatan kualitas mutu pembelajaran

 

Konsep Dasar Lab Microteaching berbasis multimedia

Dari laboratorium micro teaching ini, perguruan tinggi dapat mengevaluasi, merumuskan, menilai, merancang strategi-strategi pengembangan metode pembelajaran ke arah yang lebih baik.

Dalam penerapannya laboratorium Micro Teaching berbasis Multimedia ini membutuhkan 3 Ruang  yang berfungsi sebagai :

1.      Ruang Demonstrasi Siswa / Ruang Praktikum Pembelajaran di Kelas.

Ruang Demonstrasi Adalah suatu ruangan yang dipergunakan oleh siswa dalam mempraktikan keilmuannya. Sifat dan besar ruangan ini bergantung pada kebutuhan masing-masing Lembaga Pendidikan..

2.      Ruang Master Control / Ruang Pengolah data Interaktif praktikum siswa.

Ruang Master Control (Ruang Pengendali) Adalah suatu ruangan yang didesain khusus sebagai pusat Teknologi dalam pengendalian /  pengolahan secara tekhnis, data hasil studi pembelajaran yang dilakukan oleh siswa di ruang demontrasi-..  

Fungsi Pengembangan:

  • Ruangan ini sekaligus berfungsi sebagai pusat produksi bahan ajar multimedia. Dengan output yang dihasilkan berupa file audio dan video yang dapat diproduksi dalam format VCD atau DVD.
  • Ruangan ini didesain menjadi studio pembelajaran dengan konsep dosen dapat memberikan materi pembelajaran yang direlai ke beberapa ruang kelas. Hal ini sejalan dasar pembelajaran  jarak jauh menggunakan jaringan lokal (intranet).
  • Dengan koneksi internet yang memadai laboratorium ini dapat berfungsi sebagai distance learning (pembelajaran jarak jauh) praktis dapat dilakukan dengan universitas di dalam dan luar negeri.

Segala kebutuhan tekhnologi tersebut diatas dalam pengolahan data dapat di UpGrade. Disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Lembaga Pendidikan.

3.      Ruang Observasi / Ruang Penelaah hasil praktikum siswa.

Ruang Observasi Adalah suatu ruang yang murni sebagai ruang kelas dimana yang menjadi sumber perkuliahan adalah siswa yang melakukan proses pembelajaran itu tadi. Di ruangan ini akan dilakukan evaluasi hasil praktikum mengajar yang telah dilakukan di ruang Demontrasi Siswa dengan berdasarkan file rekaman kegiatan pembelajaran output dari ruang master kontrol. Observasi dapat dilakukan secara langsung ataupun setelah menunggu hasil recording praktikan selesai dikerjakan

FUNGSI POKOK LAB MICROTEACHING BERBASIS MULTIMEDIA

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi pokok Laboratorium Micro Teaching berbasis Multimedia adalah

  1. Perbaikan dari fungsional Laboratorium Microteaching konvensional.
  2. Recording kegiatan praktikum mengajar sebagai bagian dari evaluasi dengan output berupa file audio video, VCD/DVD, yang siap ditelaah.
  3. Mini studio pembelajaran jarak jauh (distance Learning)
  4. Memperkaya topik/materi pembelajaran dengan bantuan penyampaian yang lebih rinci, visual, interaktif, dan komprehensif berupa:
  • Interaksi antara Guru-Murid dan Murid-murid
  • Penayangan Video Pembelajaran
  • Latihan Mata Pelajaran Interaktif 
  • Simulasi Kasus berbasis multimedia
  • Operasionalisasi E-Book & eAudioBook
  1. Mengakomodir perkembangan kebutuhan pembelajaran yang sifatnya dinamis

Rancangan Lab Micro Teaching berbasis Multimedia

Dalam pelaksanaannya, laboratorium Micro Teaching berbasis Multimedia disesuaikan dengan kondisi Lembaga Pendidikan

 

 3. SMART CLASS MONITORING SYSTEM

Smart Class Monitoring Sistem merupakan sistem pemanfaatan perangkat TIK (khususnya CCTV dan Multimedia) yang berfungi untuk memantau proses belajar mengajar guna mendukung layanan pendidikan bermutu secara modern dan terpadu.

Proses pemantauan ini dapat dilakukan dari sebuah ruang kontrol secara langsung ke semua kelas, baik oleh kepala sekolah, guru, atau pihak yang terkait. Dari pemantauan ini, sekolah dapat mengevaluasi, merumuskan, menilai dan merancang strategi-strategi pengembangan metode pembelajaran ke arah yang lebih baik.

Dalam penerapannya Smart Class Monitoring System ini menangani minimal 3 jenis Ruang yang berfungsi sebagai:

1.      Ruang Kelas Imersi

Pada ruang ini, kelas SBI dengan penerapan konsep bilingual diselenggarakan. Ruangkelas ini dirancang khusus dan dilengkapi dengan perangkat multimedia yang memungkinkan guru memilih berbagai macam media yang paling tepat untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar diruangan ini dapat direkam sesuai kebutuhan dengan output dalam format VCD/DVD.

Keunggulan ruang kelas ini:

  • Perangkat di ruang kelas ini mampu mengakomodir perkembangan kebutuhan pembelajaran yang sifatnya dinamis
  • Memperkaya topik/materi pembelajaran dengan penerapan konsep multimedia

Recording proses belajar mengajar sebagai bagian dari evaluasi dengan output berupa file audio video format VCD/DVD.

2.      Ruang Kelas UMUM/LABORATORIUM

Ruangan kelas secara umum yang digunakan dalam proses belajar mengajar atau laboratorium komputer atau bahasa yang memerlukan proses monitoring secara terpadu

3.      Ruang monitoring control

Ruang Monitoring Control (Ruang Pengendali) merupakan ruangan yang dilengkapi dengan perangkat digital audio/video processing untuk merekam berbagai macam aktivitas peserta didik diruang kelas. Output dari perangkat ini adalah file audio/video yang dapat diputar ulang untuk dilakukan evaluasi.

FUNGSI POKOK SMART CLASS MONITORING SYSTEM

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi pokok sistem ini adalah

  1. Salah satu bentuk dukungan positif warga sekolah terhadap pemanfaatan TIK guna menunjang layanan pendidikan.
  2. Pemanfaatan CCTV untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar secara modern dan terpadu.
  3. Media untuk memantau pelaksanaan layanan pendidikan oleh pimpinan atau dinas terkait.
  4. Mengakomodir perkembangan kebutuhan pembelajaran yang sifatnya dinamis
  5. Memperkaya topik/materi pembelajaran dengan penerapan konsep multimedia
  6. Recording proses belajar mengajar sebagai bagian dari evaluasi dengan output berupa file audio video format VCD/DVD.
  7. Dapat dikembangkan menjadi Mini studio pembelajaran jarak jauh (distance Learning)

KEUNGGULAN SMART CLASS MONITORING SYSTEM

  1. Output master control dapat dishare ke sekolah lain sebagai bentuk share material bahan ajar.
  2. Output master control dapat dishare ke institusi terkait misalnya diknas untuk evaluasi.
  3. Master Control dapat merekam proses belajar mengajar di kelas tertentu (video & audio) dengan durasi waktu yang dapat ditentukan sendiri (durasi recording disesuaikan dengan kapasitas harddisk yang digunakan).
  4. Format file hasil recording proses belajar mengajar berupa file avi, yang dapat dijadikan VCD/DVD.
  5. VCD/DVD hasil recording dapat menjadi material “selft Access Learning“ bagi siswa yang ingin mengulang materi pelajaran yang telah diajarkan.
  6. VCD/DVD hasil recording dapat menjadi salah satu media evaluasi perkembangan mutu proses belajar mengajar.
  7. Master Control dapat berkomunikasi dua arah dengan kelas lainnya melalui jaringan komputer.
  8. Master Control dapat mengunci dan mengatur tampilan monitor komputer kelas lain untuk meminta perhatiannya.
  9. Master Control dapat menampilkan bahan ajar yang ada di layar ke seluruh kelas.
  10. Master Control dapat memilih salah satu tampilan dari komputer kelas untuk ditampilkan ke kelas lainnya.
  11. Master Control dapat mendistribusikan bahan ajar atau tugas ke seluruh komputer kelas
  12. Master Control dapat mengumpulkan file tugas yang telah dikerjakan oleh kelas lain untuk dipindah ke komputer Master Control.
  13. Master Control dapat membuka dokumen atau menjalankan program pada komputer kelas
  14. Master Control dapat memonitor kelas secara audio visual (video dan audio) dengan melihat tampilan layar monitor.
  15. Master Control secara acak dapat berkomunikasi melalui webcam dengan klien lainnya.
  16. Master Control dapat mematikan atau merestart komputer kelas secara individual atau keseluruhan.
  17. Master Control dapat memutar audio maupun video yang bisa didengar atau dilihat oleh semua user.
  18. Master Control dapat melihatkan dokumen atau gambar pada tampilan layar monitor semua kelas.
  19. Pada saat proses pembelajaran, dimungkinkan klien membutuhkan/meminta bantuan. Maka computer Master control dapat menawarkan beberapa cara pembimbingan misalnya dengan mengendalikan aktivitas komputer langsung dari komputer master.
  20. Materi Pengajaran dapat berbentuk analog (audio cassette) dan digital misalnya digital sound format WAV, MP3, MP4, file presentasi, Video pembelajaran, animasi 2D/3D atau format multimedia lainnya.
  21. Terdapat fungsi manajemen atau pengaturan materi pengajaran, sehingga pengajar tidak perlu bingung memilih materi saat proses belajar mengajar sedang berlangsung.
  22. Kemudahan dalam update materi pengajaran dan dalam pembuatan materi pengajaran sendiri.
  23. Cara Belajar kreatif & Aktif, di mana klien  dapat belajar sendiri dengan bahan ajar multimedia yang ada di folder masing-masing komputer klien (Selft Acces Learning).
  24. Klien dapat melakukan panggilan ke Komputer Master Control melalui satu sentuhan tombol.

 

INSTITUTION BRANDING

Program ini diluncurkan untuk membantu pencitraan lembaga dari sisi media dan pengelolaan isu.

Jenis Pencitraan

  1. Branding Image
  2. Media literacy
  3. Publishing

Branding
Branding adalah kegiatan yang tersistem dan  terukur untuk menguatkan brand atau merk tertentu.

Jenis pekerjaan:

  1. Pembuatan logo: Menampilkan nama  besar produk kita dalam bentuk simbol yang etetik dan futuristik yang sekaligus simpel.
  2. Pembuatan tagline: Tagline bisa mejadi senjata ampuh untuk menancapkan produk perusahaan kita. Syaratnya tagline, harus simpel, mudah diingat dan  ‘kita banget’.
  3. Material promo: Mencetak, mebdesain atau membuat sesuatu yang menarik. Payung, kalender, kaos, cutting dan lain lain yang berfungsi untuk menguatkan brand image institusi.

Paket branding:

  1. Pembuatan logo
  2. Pembuatan tagline
  3. Pembuatan dasar filosofi logo dan tagline
  4. Desain brand dan alat promo
  5. Pembuatan ikon atau karakter perusahaan dalam bentuk kartun

 
Media literacy
Media literacy adalah analisis dan evaluasi institusi dengan memanfaatkan respon media baik cetak maupun online terhadap institusi atau lembaga.

Media literacy dalam aplikasi institusi melalui:

  1. Media monitoring: Melakukan pemantuan media baik yang offline maupun online untuk melihat apakah ada respon, keluhan atau bahkan harapan dari masyarakat.
  2. Respon atau tanggapan :Apabila kita mendapati keluhan atau komplain dari pelanggan, mahasiswa atau siapapun yang berposisi sebagai pemakai jasa institusi.
  3. Keterangan pers: Melakukan upaya komunikasi kepada kalangan junalis untuk klarifikasi, launching produk atau publikasi event yang dihaarapkan yang berdampak baik untuk penguatan brand

Paket Media literacy:

  1. Diklat jurnalis
  2. Monitoring media
  3. Respon media
  4. Konferensi pers

Publishing
Publishing adalah Penuangan ide dari brand dan juga policy instutisi melalui produk merchandise atau karya

Berbagi langkah publish antara lain:

  1. Penyediaan materi desain brosur, baliho atau alat peraga promo lain yang dinamis dan menarik.
  2. Pembuatan company profil. Ini juga langkah penting upaya publishing untuk menghadirkan pengertian dan jati diri perusahaan baik dalam bentuk audio, visula maupun bentuk kreatif lain semisal karikatur dan komik
  3. Pembuatan media internal. Dewasa ini pembuatan media internal menjadi langkah cerdas ditengah mahalnya iklan di media baik elektoronik maupun  cetak. Selain itu media internal bisa berfungsi ganda selain sebagai promo produk juga  bisa menjadi media komunikasi anta perusahaan, karyawan bahkan konsumen
  4. Penempatan iklan. Langkah ini tetap diperlukan karena berbagai produk apalagi dengan sasaran nasional bahkaan global tetap membutuhkan media massa. Hanya penempatannya harus tepat.Event. Dalam kondisi tertentu jika dirasa produktif perusahaan tetap layak menyelenggaran event promo on the road

 Paket publishing

  1. Desain dan cetak meteri iklan 
  2. Pembuatan company profil
  3. Pembuatan dan cetak media internal
  4. Event promo
  5. Placement adv